Sabtu, 04 Oktober 2014

Segmentasi, Targeting, Positioning, dan Diferensiasi

SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING, DAN DIFERENSIASI 

Segmentasi

Segmentasi dapat dikatakan peka terhadap pasar, sehingga perusahaan tidak akan ketinggalan ketika ada peluang yang muncul di pasar. Perusahaan harus lihai dalam membaca kondisi pasar sehingga dapat  mengidentifikasi dari segi demografis, geografis, dan psikografis.
Untuk itu perusahaan harus melakukan yang namanya segmentasi pasar, dimana perusahaan dapat menentukan segmen pasar yaitu, sekelompok orang yang memiliki satu atau lebih kesamaan karakter.

Segmentasi adalah suatu kegiatan membagi pasar dari yang lingkupnya besar ke lingkupnya kecil atau memiliki kesamaan karakteristik,minat,perilaku, maupun gaya hidup sehingga mudah diidentifikasi.
Tujuan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar dilakukan agar perusahaan lebih mudah menentukan segmen pasar dimana pasar memiliki perbedaan dan variasi konsumen.


Peran Segmentasi
  • Dengan segmentasi maka akan memberikan gambaran segmen-segmen pasar yang akan dilayani perusahaan.
  • Segmentasi juga memberikan gambaran peta kompetisi untuk menentukan posisi pasar 
  •  Segmentasi menjadi dasar menentukan komponen strategi entah dalam urusan promosi atau pemasaran.
  • Segmentasi juga memberikan peluang yang besar untuk mengalahkan pesaing dengan melihat pasar dari sudut pandang yang berbeda dari yang dilakukan pesaing.

Dasar Segmentasi

Dasar segmentasi yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi tuntutan atau respon pelanggan yang berbeda variabel utama dalam segmentasi yang terdiri dari :

1. Segmentasi Geografi
 
Pada segmentasi georafi pengelompokan dilakukan berdasarkan faktor geografinya, seperti berdasarkan daerah asal atau tempat tinggal konsumen serta mengetahui social kehidupan di daerah konsumen. Misalnya bandung yang memiliki image kota yang dikenal dengan sebutan paris van java, cocok sebagai wisata belanja membuat beberapa perusahaan yang bergerak di bidang fashion pasti akan melirik bandung sebagai target market.

2. Segmentasi Demografi
 
Pada segmentasi demografi pengelompokan dilakukan berdasarkan usia, kelamin, keluarga dan siklus hidup, Ras, pendidikan, dan pekerjaan atau penghasilan konsumen. Contoh: Shopie Martin yang target marketnya seorang perempuan (remaja dan dewasa )kelas menengah ke atas . Dan biasanya pelanggannya wanita karir yang memiliki penghasilan besar.

3. Segmentasi psikografi
 
Pada Psychographic segmentation pengelompokan didasarkan pada karakteristik setiap konsumen, seperti motivasi, kepribadian, persepsi, interest, minat dan sikap.  Contoh : Honda mengeluarkan Sepeda motor skuter  matic Honda Beat untuk kalangan wanita yang lebih girly , apalagi terdapat warna pink yang banyak disukai oleh wanita khususnya remaja yang girly modis.

Syarat Segmentasi Yang Efektif

1. Measurable (terukur)

Measurable berarti segmen pasar  dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli konsumen serta ukuran alokasi sumberdaya. Misalnya , Produk makanan bayi usia 6 – 12 bulan tentunya dapat diukur dari berapa kali bayi usia 6 – 12 bulan makan dan seberapa banyak.

2. Substansial (banyak)
Substansial berarti segmen tersebut besar dan profitable untuk dilayani, misalnya the poci yang mendirikan kedai di daerah jakarta yang luas, tentunya menjadi potensi besar terlebih lagi cuaca di Jakarta cenderung panas.

3. Accessible (dapat diakses)

Accessible berarti segmen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani . Misalnya , Restoran yang menjual makanan khas sunda di Jakarta, sedangkan target utamanya orang sunda yang notabene banyak berdomisili di bandung. 

4. Differentiable (dapat dibedakan)
Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.

5. Actionable (dapat dilayani)
Actionable berarti segmen tersebut dapat dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Misalnya kedai es krim di dalam mall yang ditujukan untuk remaja dan anak kecil , tentunya dengan cakupan 1 mall  dengan remaja dan anak kecil yang suka makan es krim masih bisa di perkirakan berapa banyak yang harus dijual.
Manfaat Segmentasi
1. Perusahaan akan tanggap jika ada peluang yang muncul di pasar
2. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan strategi periklanan yang paling efektif dan dapat disesuaikan dengan dana perusahaan.
4. Dapat digunakan untuk mengetahui kerekter masing-masing segmen sehingga dapat mengetahui segmen mana yang berpotensi.

Targeting
Targeting berarti sasaran yang dituju. Hal ini merujuk pada target market.
Target market dapat dikatakan segmen pasar  yang menjadi tujuan pemasaran. Yang perlu diingat  sebelum memutuskan segmen mana yang menjadi target market , perusahaan mengevaluasi  apakah  segmen tersebut berpotensi atau tidak . Sebelum menentukan sasaran perusahaan  melakukan beberapa survey  agar proses pemasaran tidak salah sasaran.

Menentukan Target Market

Single Segment Concentration.
Maksudnya perusahaan dapat memilih & fokus pada satu segmen saja.

Multi segment Marketing
Maksudnya Perusahaan memilih dua atau lebih segmen pasar dan menyusun bauran pemasaranyang terpisah bagi setiap segmen tersebut. Strategi ini memberikan manfaat antaralain : volume penjualan, laba dan pangsa pasar yang lebih besar dan skala ekonomis dalam pemasaran.

Keterangan:

Segmentasi bersifat umum (cakupannya lebih luas) dan Targeting bersifat khusus (cakupannya lebih sempit).

Positioning
Positioning adalah image atau citra yang terbentuk di benak konsumen dari sebuah nama perusahaan. Positioning menyangkut bagaimana sebuah produk dinilai dan dilihat di mata konsumen , serta apa yang bisa membuat konsumen mengingat produk tersebut dan bisa membedakannya dengan produk lainnya. Brand image yang muncul akan menjanjikan konsumen lebih tertarik kepada produk kita di banding pesaing. Positioning tidak hanya membangun image tetapi juga membangun kepercayaan konsumen dengan menanamkan berbagai informasi, identitas tentang produk di dalam benak konsumen perusahaan sehingga konsumen selalu ingat dengan produk kita . karena inilah positioning cukup berpengaruh bagi keberhasilan perusahaan.

Cara Menentukan Positioning
Dalam menentukan positioning ada empat tahap yaitu:
-      -  identifikasi target, dengan mengidentifikasi maka akan memberikan perusahaan gambaran bagaimana cara yang tepat untuk membangun brand image.
       - menentukan frame of reference pelanggan, ide / asumsi yang dapat diterima oleh konsumen.
-      - merumuskan point of differentiation , hal-hal yang harus diperhatikan agar konsumen memilih perusahaan.
-      - menetapkan keunggulan kompetitif produk  dimana produk tersebut bisa dinikmati sebagai sesuatu yang beda.

Dan untuk mengkomunikasikan positioning sebuah produk perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor di bawah ini:

1. Be creative , perusahaan harus kreatif untuk mencuri perhatian konsumen atau target market.

2. Simplicity , komunikasi yang disampaikan harus sesederhana dan sejelas mungkin.
3.Consistent yet flexible , perusahaan harus konsisten .
4.Own, dominate, protect , dalam komunikasi perusahaan harus memiliki satu atau beberapa kata ampuh di benak pelanggan.

 5.User their language dalam mengkomunikasikan positioning perusahaan harus menggunakan bahasa pelanggan.
Diferensiasi
Diferensiasi adalah suatu cara yang dilakukan oleh perusahaan agar produk yang ditawarkan memiliki tempat tersendiri di benak konsumen. Diferensiasi ini akan membuat tawaran yang diberikan perusahaan menjadi berbeda. Dengan catatan perusahaan harus memperhatikan content, contex, dan infrastruktur. Content menunjukkan apa yang di sajikan kepada konsumen. Contex adalah bagaimana cara penyajiannya. Infrastruktur lebih kepada teknologi,fasilitas yang diunggulkan.


Diferensiasi produk
Diferensiasi produk adalah kegiatan memodifikasi produk agar lebih menarik. Hal ini memerlukan penelitian pasar agar bisa benar-benar berbeda dari produk pesaing.  Butuh kemampuan bersaing agar pesaing tidak dapat  meniru . Ini dapat dicapai dengan menciptakan produk yang unik.
Diferensiasi Jasa
Menciptakan produk yang berbeda tidak selalu mudah , sebagai penggantinya perusahaan dapat melakukan diferensiasi jasa dimana perusahaan memberikan pelayanan yang lebih baik dari pesaing dan berusaha untuk konsisten dan selalu meningkatkan mutu dari produk. Misalnya jasa pengiriman produk, customer consulting atau customer service.
Diferensiasi Personal
Diferensiasi dengan meningkatkan kompetensi karyawan melalui sikap, pengetahuan, sopan santun,credibility, dan responsive.

Diferensiasi Image (citra)
Image atau citra adalah karakteristik yang diingat oleh konsumen. Untuk membangun image yang bagus di mata konsumen , perusahaan harus pintar dalam menentukan karakter pembeda yang berpotensi membuat konsumen selalu ingat, dan terus percaya dalam jangka waktu yang lama.


Sumber referensi : 
http://rajapresentasi.com/2009/08/segmentasi-targeting-dan-positioning-dalam-manajemen-pemasaran/
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/persyaratan-segmentasi-pasar-yang.html
http://www.scribd.com/doc/66694286/107/Syarat-Segmentasi-Yang-Efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar